Sunday, July 03, 2011

PANGDAM TANJUNGPURA: MARI KEMBANGKAN PERTANIAN DAN TEKNOLOGINYA

Palangka Raya, 22/10 (ANTARA) - Jumlah penduduk Indonesia yang saat ini lebih dari 200juta jiwa tentu semakin membutuhkan bahan pangan yang tidak sedikit, dalam peningkatan produksi pertanian dalam memenuhi bahan pangan itu, mari kembangkan pertanian dan teknologinya.
Hal itu diungkapkan Kasdam XII Tanjungpura, Brigadir Jenderal (Brigjen) Aramin Ali Anyang ketika membacakan kata sambutan Panglima Kodam (Pangdam) XII Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) Moeldoko pada pembukaan Pesta Tani (Pestani) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat.
"Jumlah penduduk yang lebih dari 200juta jiwa tersebut, tentunya menuntut pemerintah untuk senantiasa memprioritaskan pada upaya peningkatan produksi pertanian dengan jumlah yang cukup dan harga yang terjangkau," ucapnya.
Namun disisi lain terdapat banyak kendala dilapangan yang tentunya sangat komplek, baik dari sisi teknologi, produksi dan kendala pemasaran bagi para petani.
Menurutnya, dalam mengatasi hal tesebut, salah satu altenatif upaya yang dilakukan antara lain dengan mengembangkan berbagai varietas tanaman yang saat ini telah dilaksanakan diberbagai daerah.
Selain itu, diperlukan peningkatan sumber daya manusia melalui berbagai macam pelatihan dalam menggunakan teknologi pertanian yang modern dimana saat ini telah menjamur dan merambah keseluruh daerah di Indoesia.
Harapannya, para peserta yang mengikuti acara Pestani ini dapat menyerap seluruh ilmu pengetahuan yang diberikan pada acara tersebut, sehingga nantinya dapat diimplementasikan didaerahnya.
"Sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian para petani dimasa yang akan datang, guna mendukung dan membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibidang ketahanan pangan melalui program pertanian," demikian Amarin Ali.